• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Kunjungi Warga Terisolir di Girpasang, Bupati Klaten Bakal Bangun Jembatan Gantung

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Kamis, 02 Januari 2020, Januari 02, 2020 WIB Last Updated 2022-03-22T08:33:28Z
    KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani punya cara sendiri untuk  merayakan tahun baru. Tidak dengan hura-hura atau begadang, dia memilih mengunjungi dan berdialog dengan warga desa yang terisolir di lereng kaki Merapi, tepatnya di Dukuh Girpasang,  Tegalmulya, Kemalang, Klaten persisi di hari pertama  2020 (Rabu, 01/01/20).
    Jam 09.00 rombongan bupati tiba di dukuh Ngringin, Tegalmulyo.  Dukuh Ngringin menjadi dukuh terdekat dengan Dukuh Girpasang dipisah jurang selebar 120 m. Orang harus menapaki 1.001 tangga buatan dan membutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai di dukuh Girpasang yang dihuni 39 jiwa itu.

    Setiba di dukuh Ngringin Bupati Sri Mulyani yang didamping Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Kav Minarso dan sejumlah pejabat disambut  Supadmo (69) dan Yosoredjo (65) warga Girpasang berikut Camat setempat Budi Prasetyo dan Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno.
    “Pak Narno (Bupati Sunarno pereode 2005-2015) kabaripun dospundi (Pak narno kabarnya bagaimana” tanya Mbah Padmo sesaat berjumpa dengan Bupati Sri Mulyani di tangga jalan setapak menuju Dukuh Girpasang.
    Pak Narno wonten dalem.  Jenengan sehat semangat niku daharipun nopo. (Pak Narno ada di rumah. Bapak selalu sehat dan semangat itu makannya apa” tanya Bupati Sri Mulyani yang heran dengan usia Mbah Padmo yang masih terlihat bugar dan sehat.
    “Gih dahar sayur ingkang wonten (ya makan sayur yang ditanam di pekarangan” jawab Mbah Padmo dengan suara yang setengah parau.

    Kepada warga Girpasang Bupati Sri Mulyani mengabarkan akan membangun jembatan gantung untuk membuka akses warga agar tidak terisolir.
    “ Pemerintah akan membangun jembatan gantung untuk warga Girpasang. Jika dibangun jembatan permanen yang menghubungkan Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin maka biayanya hampir  10 miliar. Namun jika dibangun jembatan gantung biayanya sekitar  1 miliar.  Semoga tahun 2020 pembangunan jembatan gantung bisa dilaksanakan ” jelas Bupati kepada wartawan yang mengikutinya.
    Ditanya tentang anggaran, Bupati Klaten menjelaskan  skema pembiayaan untuk pembangunan jembatan gantung itu, Pemkab Klaten mengajukan anggaran ke pemerintah pusat atau mengajukan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
    Sebelum berpamitan pulang, Bupati  Sri Mulyani menyalurkan bantuan sebesar 20 juta untuk pembangunan tangga beton yang ada di lembah antara Dukuh Girpasang.  Tangga beton itu sempat ambrol  tergerus hujan beberapa waktu lalu.
    Penulis  Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini