• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Toring Bu Yati Delanggu, Klaten, Kuliner Pasar Bikin Ketagihan

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Senin, 27 Desember 2021, Desember 27, 2021 WIB Last Updated 2023-03-08T22:39:30Z


    KLATEN - Saat bepergian ke tempat yang baru, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Salah satunya saat berkunjung di Kabupaten Klaten.

    Makanan bernama soto tentu sudah tidak asing lagi, makanan ini disajikan dari berbagai macam sayuran, daging, nasi, dan ditambah dengan kuah yang segar. 

    Namun, di daerah Klaten ada soto yang disajikan tanpa kuah atau disebut dengan soto garing.

    Soto tanpa kuah atau soto garing dapat ditemukan di warung soto Bu Yati yang berlokasi di Desa Sabang, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. 

    Untuk menemukan warung soto ini tidak terlalu sulit karena warung ini berada tepat di samping kiri Pasar Delanggu, Klaten.

    "Warung soto ini sudah buka sejak 45 tahun yang lalu. Dulu yang pertama kali jualan soto itu orang tua saya. Namanya Sudiman. Kalau soto garing ini dulu dari inisiatif bapak," kata Muhammad Irham (Dodo), saat ditemui di warungnya di Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, Kamis (11/11/2021).

    Jika hendak mencoba soto garing Bu Yati bisa dinikmati sejak pagi karena buka sejak subuh hingga jam 2 siang.

    "Subuh sudah  buka. Kalau tutup sekitar jam dua siang. Satu porsi cukup Rp 6.000,00 dan Rp 10.000,00 dengan topping potongan jeroan," kata salah satu penjaga warung soto Bu Yati.

    Soto garing Bu Yati ini disajikan dengan nasi yang atasnya ditaburi dengan berbagai macam sayuran, seperti kubis, kecambah, daun seledri, dan juga potongan daging ayam. 

    Setelah itu sedikit kuah resep dari Bu Yati dituangkan di atasnya sehingga menambah cita rasa dari soto garing ini.

    Meskipun soto garing Bu Yati ini dituangkan kuah seperti soto lainnya, tapi yang menjadikan soto garing ini berbeda adalah kuah yang dituangkan tidak sampai membuat penuh wadah seperti soto lainnya. 

    Bahkan hanya membasahi sayuran, daging, dan di bagian atas nasi saja. Tentu saja ini semakin membuat soto garing lebih menarik untuk dicoba.


    Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten.

    Editor Joko Priyono

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini