• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Panen Tiba, Pasar Kembang Klaten Jadi Lokasi Tepat Berburu Durian

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Minggu, 20 Februari 2022, Februari 20, 2022 WIB Last Updated 2023-03-08T22:39:30Z

     



    KLATEN - Setiap bulan Februari dan Maret adalah musim yang tepat berburu durian. Bagi penggemar berat buah nikmat,  manis tapi legit ini bisa datang ke Pasar Kembang,  Kecamatan Kemalang,  Kabupaten Klaten. Tepatnya 200 m arah barat kantor kecamatan setempat.


    Ribuan buah durian ditawarkan ratusan petani hasil panen sendiri. Biar pun hanya pasar tradisional,  Pasar Kembang dikenal tempat kulakan banyak pedagang durian yang mangkal musiman. 


    Kalau ingin berburu durian Pasar Kembang disarankan pagi hari sebelum jam 09.00 WIB.  Ribuan biji durian siap disantap hasil panen petani. Siang sedikit,  durian yang ada sudah masuk keranjang kulakan pedagang borongan. 


    Salah pedagang durian  musiman itu adalah Suwarniwati (49). Wanita asal DesaTangkil,  Kecamatan Kemalang itu mengaku dari pagi buta sudah ada di Pasar Kembang. Wanita dua anak itu harus beradu dengan pedagang kulakan lainnya untuk mendapatkan durian yang enak. 


    "Bulan ini adalah masa panen kedua buah durian. Kalau pagi di sini ribuan buah durian ada di sini.  Tinggal pintar - pintar memilih durian yang enak saja" tuturnya sambil menjajakan durian di samping motornya 


    Saat ditemui (Minggu,  20/02/22), Suwarniwati sebagai salah satu pedagang kulakan mengaku menjaga kualitas buah durian yang dijajakan demi memanjakan pembeli. Bahkan ia memberikan jaminan diganti jika durian yang dibeli itu tidak enak. 


    "Saya memberikan jaminan. Kalau saya bilang enak,  durian nya enak.  Kalau nanti dimakan tidak enak,  saya akan ganti. Jangan membeli durian hanya karena murah. Di sini ada durian murah,  tapi kadang rasa tidak dijamin" pesannya. 


    Azkia (14) salah satu penggemar berat durian asal Klaten Utara saat ditemui mengaku (Minggu,20/02/22) sengaja berburu  durian ke Pasar  Kembang.  Berburu durian menjadi tradisi tahunan dilakukan bersama keluarga. 


    "Saya datang bersama adik dan diantar orang tua.  Di Pasar Kembang banyak pilihan.  Saya suka memilih kualitas. Mahal sedikit tidak apa-apa yang penting dijamin enak. Jangan tergoda masalah harga.  Durian yang enak biasanya aromanya kuat.  Cari yang pedagangnya mau memberikan jaminan enak. Biar tidak kecewa" pesannya. 


    Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini