• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Berawal Pengajian, Pemuda Desa Bono Klaten Sukses Budidaya Penggemukan Domba

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Rabu, 11 Januari 2023, Januari 11, 2023 WIB Last Updated 2023-03-08T23:20:35Z

    KLATEN - Para pemuda Dukuh Tlogowono RT 01/04, Desa Bono, Tulung, Klaten punya aktifitas yang menarik ditiru.  Berawal dari aktifitas pengajian, sebanyak 25 warga yang sebagian besar anak muda tertarik budidaya ternak domba.

    Sudah hampir 100 domba dipelihara tersebar di 7 komunitas. Tidak hanya itu, mereka juga mulai merambah pembuatan pupuk organik dan pakan ternak mandiri. Sementara hasilnya budidaya ternak pupuk dan pakan oleh komunitas ternak yang mengusung label Barokah Farm itu bisa menggairahkan ekonomi desa.

    Muhammad Ikhsan (27) sebagai salah satu peternak Barokah Farm saat ditemui marimenyeru.com (Rabu, 11/01/23) menjelaskan kalau budidaya penggemukan domba yang dikelola kelompok Ngaji Tani Desa Bono Tulung sudah berjalan lebih dari enam bulan. Menurutnya budidaya ternak itu dilakukan dengan sistem komunal dan perorangan.

    “Yang sistem komunal kami ada lahan 240 m2 yang saat ini terisi sekitar 52 ekor domba terletak di pinggir desa.  Lalu untuk warga perorangan ada tujuh kepala keluarga masing-masing memelihara lima ekor domba.  Target kami sampai menjelang Hari Raya Idhul Adha nanti bisa dikembangkan 100 ekor domba” terang Ikhsan.

    Bercerita tentang awal mula budidaya penggemukan domba, Muhammad ikhsan menjelaskan terbentuk lewat aktifitas pengajian Ngaji Tani. Jadi para pemuda itu kata Ikhsan diajak mengolah sektor pertanian juga peternakan.


    “Kami didampingi Ustad Yusuf Murdani asal Tibayan, Jatinom, Klaten.  Awalnya memang kelompok pengajian.  Lalu diperkenal konsep pertanian terpadu. Alhamdulillah hasilnya bisa dirasakan” jelasnya.

    Mesri (45) warga lain yang terlibat mengelola Barokah Farm merasakan banyak manfaat dari budidaya domba. Salah satunya adalah untuk membantu biaya sekolah anak-anak.

    “Sebulan kami bisa menghasilkan 5 ton pupuk organik. Budidaya penggemukan juga berjalan dengan baik.  Misalnya nanti ada kebutuhan sekolah, domba itu bisa dijual. Kami prediksi harga domba akan terus baik sampai menjelang Hari Raya Idhul Adha nanti” tutur Mesri.

    Terkait tips budidaya penggemukan domba yang dilakukan bersama kelompoknya, Mesri mengatakan kalau ternak harus dijaga kesehatannya, terutama pemberian vitamin.

    “Asal kandang itu bersih dan sinar matahari yang cukup, maka ternak akan sehat. Jangan lupa juga domba itu diberi obat cacing dan vitamin, karena itu penting. Untuk rahasia cepat gemuk, domba diberikan pakan vermentasi yang dicampur brain dan pelet. Kalau bawah leher domba itu melebar, itu tandanya ternak bakal cepat gemuk. Ternak juga perlu disayang dan jangan sampai dimarahi apalagi dipukul” pesannya.

    Pemuda Desa Bono, Tulung, Klaten yang bergabung di komunitas Barokah Farm mencoba menjadi pemuda mandiri menjaga pertanian agar lestari. Di antara derasnya alih fungsi lahan, mereka mencoba menjaga lahan pertanian tetap berproduksi menghasilkan pangan. Tentunya sejalan semangatnya menjaga iman  di majelis  pengajian agar mereka tidak lupa mengingat Tuhan.

     

    Penulis : Joko Priyono Klaten.

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini