• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Dibanjiri Pengunjung, SMA 2 Negeri Klaten Pamer Lukisan Batik Akrilik Karya Siswa Terbaik

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Selasa, 16 Mei 2023, Mei 16, 2023 WIB Last Updated 2023-05-17T07:36:09Z

     


    MARIMENYERU.COM – Lukisan batik berukuran kotak berjajar rapi dan dominan. Motif dan warnanya cukup beragam.  Tidak saja menghiasi dinding stand pameran, lukisan batik siswa – siswi SMA 2 Negeri itu cukup mencuri perhatian  pengunjung yang menghadiri rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 berpusat di Pendopo Pemkab Klaten (Selasa, 16/05/23) oleh Dinas Pendidikan Klaten.

    Selain pameran batik lukisan siswa SMA 2 Negeri Klaten juga memamerkan  lukisan batik keramik, eco enzim, makanan biologi terapan, madu lanceng, sablon kaos sampai topi.

    Tapi lukisan batik menjadi produk unggulan. Semua produk itu adalah hasil kerja proyek siswa kelas 10 di lingkungan SMA 2 Negeri Klaten.

    “Jadi di sekolah ada program wirausaha batik nusantara untuk siswa kelas 10. Setiap anak membuat program proyek, lalu hasilnya dikumpulkan.  Karya terbaik dipamerkan seperti sekarang ini. Program ini untuk membangun jiwa wirausaha para siswa” kata Tifha pengurus OSIS SMA 2 Negeri Klaten saat ditemui (Selasa, 16/05/23) saat menunggu stand pameran.

    Siswa yang aktif di kegiatan OSIS dan ingin melanjutkan kuliah di ITB Bandung itu mengatakan kalau lukisan batik dalam pameran adalah untuk hiasan atau dipajang.

    “Lukisan patik ini dibuat dari cat akrilik untuk tujuan hiasan.  Jadi tidak dicuci. Selama ini lukisan batik dijual antar teman.  Harganya sekitar 60 ribuan” jelas Tifha.

    Kinanti dan Chelsea siswa kelas 10 lain yang ikut menjaga stand pameran SMA 2 Negeri Klaten menambahkan kalau di sekolahnya di bawah kepala sekolah Suharja getol mengajak siswa berwirausaha.  Dia mengatakan beberapa kali ajang pameran dilaksanakan di sekolah setiap selesai program proyek.

    “Di sekolah kami minimal 3 kali ada pameran. Bahkan untuk batik sendiri ada acara fashion show. Biasanya di momen Hari Batik Nasional. Selain itu ada 22 kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih para siswa. Ada basket, futsal sampai karya ilmiah remaja yang tahun 2023 meraih 5 terbaik tingkat nasional dan diundang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Jakarta”pungkasnya.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini