• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Bikin Potcast, Blanceran Karanganom Ingin Terdepan Jadi Desa IT di Klaten

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Jumat, 09 Juni 2023, Juni 09, 2023 WIB Last Updated 2023-06-21T07:36:57Z


    MARIMENYRU.COM- Pemerintah Desa Blanceran , Karanganom kini selangkah lebih maju dari desa lainnya di Klaten. 

    Komitmennya untuk memajukan pelayanan publik dan ekonomi desa diwujudkan dengan fasilitas teknologi informasi yang lebih baik dan jaringan internet desa yang memadai .

    Buktinya sampai sekarang, Pemerintah Desa Blanceran menjadi pionir desa yang punya program publikasi lewat pembuatan potcast dan laboratorium komputer mandiri yang disediakan untuk warga.

    Wahyu Setiawan (42) selaku Sekretaris Desa Blanceran sekaligus penggerak IT saat ditemui Kamis kemarin (8/6/23) mengatakan keberadaan laboratorium komputer dan potcast desa untuk mendorong ekonomi desa. 

    Apalagi Desa Blanceran menonjol industri handicraft atau kerajinan tangan.

    "Kami punya 33 pelaku usaha kerajinan tangan. Ini potensi desa yang sedang kami garap. Maka warga kami latih untuk mengenal IT lalu mereka bisa berjualan secara on line, sehingga pendapatan mereka meningkat" kata Wahyu.

    Pria lulusan Universitas Widya Dharma Klaten angkatan 2006 asli Jatiwiro, Blanceran itu menambahkan untuk kegiatan potcast digawangi anak muda setempat.

    "Balai desa itu kalau malam tidak pernah sepi. Apalagi malam Minggu. Anak muda di Blanceran sering kumpul buat konten. Ada yang membuat desain atau menyalurkan hobbynya karaoke. Yang penting masih positif tidak masalah" katanya.

    Terkait fasilitas komputer, kamera dan lainnya Wahyu yang pernah mengajar sebagai guru Ilmu Komputer di SMK 1 Pedan itu mengungkapkan banyak menggunakan alat dokumentasi yang dimiliki sendiri.

    "Dulu saya usaha jasa shooting untuk hajatan. Ada juga dana anggaran dari APBD desa senilai 100 juta. Jadi kamera, lampu, tata lampu, mixer audio banyak saya yang support. Yang terpenting kami investasi sumber daya manusia. Kalau membangun jalan nanti 2 atau 3 tahun bakal juga rusak. Tapi kalau membangun anak muda, diharapkan mereka yang ikut memajukan desa Blanceran" pungkas.


    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini