• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Tips Jitu Anak Bangun Sholat Subuh Tepat Waktu

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Minggu, 04 Juni 2023, Juni 04, 2023 WIB Last Updated 2023-06-06T00:17:05Z

     

    MARIMENYERU.COM - Menjalankan ibadah sholat subuh tepat waktu dan berjamaah di masjid, bukanlah perilaku yang mudah. Jangankan bagi anak - anak, mereka yang sudah dewasa pun banyak yang berat menjaga subuh, kalau tidak dibimbing iman yang kuat.

    Sholat subuh juga menjadi ukuran keimanan seorang mukmin. Kalau sholat Idul Fitri dan Idul Adha jamaah menyemut, itu hal yang biasa.

    Kalau sholat Jumat, masjid - masjid banyak diserbu jamaah, itu juga peristiwa yang biasa.

    Tapi kalau ada sholat subuh yang membludak, kayaknya fakta itu jarang terjadi.

    Maka karakter sholat subuh tepat waktu dan berjamaah di masjid itu perlu dibangun sejak usia dini. Karakter ini bukan saja membangun perilaku ibadah, tapi sesungguhnya kita sedang membangun karakter mukmin yang tangguh, disiplin dan kuat guna bekal mengarungi kehidupan yang terkadang terasa pahit.

    Lalu apa tips membangun karakter subuh itu?

    Menurut Ustadz Aedy Sunani ulama asal Batur, Ceper, Klaten saat mengisi ceramah Pengajian dan Doa bersama di dukuh Srebeg Cilik, Trucuk, Klaten (Kamis, 1/6/23)  mengungkapkan ada tips jitu membangun karakter anak sholat subuh tepat waktu.

    Pelajaran itu dipetik dari Ustadz Aedy tatkala masih kecil. Sang bunda punya cara jitu untuk membangunkan anak-anaknya ketika adzan subuh menggema.

    Sang bunda tidak dengan membentak, tidak juga memukul. Dengan penuh kasih sayang, sang bunda Ustadz Aedy mengusapkan sisa air wudhunya ke wajah anak-anaknya, sambil membisikkan kalimat-kalimat sakti dalam bait-bait doa. Jadi sisa air wudlu itu tidak dikeringkan dengan handuk. Peristiwa itu berulang dan terus berulang sampai membekas menjadi perilaku anak-anaknya.

    Membangun karakter anak kuat dengan nilai - nilai islam itu bisa dibangun dari sejak membangunkan anak di kala subuh. Mengajak anak bangun pagi, sholat subuh tepat waktu dan berjamaah di masjid itu butuh kesabaran dan seribu doa-doa, terutama sentuhan lembut sang ibu.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini