• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Homoseksual Jadi Kasus Penularan HIV-AIDS Tertinggi di Klaten, Apa Penyebabnya?

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Sabtu, 08 Juli 2023, Juli 08, 2023 WIB Last Updated 2023-07-10T01:34:44Z



    MARIMENYERU.COM - Perilaku homo seksual laki dengan laki menjadi modus penularan HIV -AIDS yang paling rentan penularan. 

    Dibanding modus penularannya, homoseksual menempati angka tertinggi penambahan kasus.

    Berdasarkan data laporan tahunan penanganan dan penanggulangan HIV - AIDS dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Klaten tahun 2022, homoseksual menyumbang 242 kasus penambahan HIV-AIDS di Klaten.

    Ronny Roekmito selaku Sekretaris KPA Klaten di acara Rakor Kordinasi Penanggulangan AIDS (Jum'at,7/7/23) di Ruang B2 Setda Klaten menjelaskan dari tahun ke tahun kasus HIV-AIDS terus meningkat. Bahkan menurutnya fenomenanya bak gunung es.

    "Kasus HIV-AIDS itu tidak akan menurun. Bahkan fenomenanya seperti gunung es. Hal disebabkan perilaku manusia itu sendiri. Yang memprihatinkan kasus seksual laki dengan laki. Jumlah penularannya terus meningkat. Catatan kami ada 242 kasus. Ini paling tinggi penularannya" jelasnya.

    Dokter lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu menambahkan kalau perilaku seksual laki dengan laki ditengarai karena trend. 

    Dia katakan banyak publik figur yang kemudian banyak dicontoh anak muda lalu ditiru.

    "LDL atau laki seks laki itu karena faktor gaya hidup. Banyak publik figur dan media yang memberitakan gaya hidup seperti itu. Lalu itu jadi panutan komunitas masyarakat kita. Ini yang perlu waspada " pesan Ronny.

    Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Klaten 2022 menunjukkan ada peningkatan kasus HIV-AIDS di Klaten. Dari catatan terakhir 2022 terdapat 1.306 kasus komulatif orang dengan HIV-AIDS. 

    Dari kasus itu sebanyak 210 penderitanya ditemukan meninggal dunia.


    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini