• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Tempat Jualan Bibit Buah Murah dan Lengkap di Klaten, Datang Ke Pak Muhsalim Ngawen

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Kamis, 24 Agustus 2023, Agustus 24, 2023 WIB Last Updated 2023-08-25T06:01:52Z

     



    MMC – Bagi masyarakat Klaten yang bingung ingin  mengoleksi tanaman buah-buah murah, lengkap dan berkualitas tidak harus jauh-jauh ke luar kota. Di Klaten ada tempat jualan bibit buah-buahan yang bakal melengkapi koleksi tanaman buah di pekarangan.

    Tepatnya ada di Dukuh Kemit, Kwaren, Ngawen, Klaten.  Pemiliknya adalah Muhsalim (50). Pria yang beristrikan Sulastri itu sudah lebih dari 25 tahun mengembangkan bisnis penjualan tanaman buah.

    Bisnis yang digeluti menurun dari sang ayah. Tapi sejak 2006, Muhsalim menetapkan untuk mandiri dalam bisnis tanaman buah.  Dibantu istri dan tiga pekerja, kini Muhsalim sudah melayani penjualan sampai luar pulau seperti Sulawesi dan Kalimantan.

    “Saya belajar jual – beli bibit buah belajar dari bapak. Bagaimana memilih bibit yang baik menjadi hal penting.  Jadi saya ini membeli bibit dan tidak budidaya. Di tempat saya ada 100 lebih jenis tanaman buah dengan harga bervariasi” jelas Muhsalim saat ditemui di kebun buah tempatnya bekerja.

    Tentang harga bapak dua anak ini menerangkan sangat bervariasi.  Ia menambahkan ada harga paling murah sampai termahal.

    “Saya jual bibit bidara senilai 6 ribu.  Daun bidara biasanya untuk membantu memandikan jenazah. Paling mahal adalah bibit sawo raksasa meksiko jenis mamai sapote seharga 1,5 juta. Jenis lain seperti mangga, jeruk, jambu, sawo, alpukat, durian, Nangka, jamblang dan lain-lain. Untuk saat ini bibit buah alpokat dan durian masih menjadi favorit warga” jelasnya.

    Muhsalim mengatakan latar belakang bisnis yang dikembangkan selain prospeknya sangat bagus juga ramah lingkungan.  Minimal bisa untuk menyalurkan hobinya yang gemar tanaman.

    “Bisnis penjualan bibit buah itu memang bisnis turunan dari bapak dulu. Alhamdullah bisa untuk sumber kehidupan. Misalnya bisa menabung beli sawah, beli mobil dan memperkerjakan tetangga.  Dulu saya adalah CPNS Dinas Kesehatan di Kabupaten Purworejo. Tapi karena gemar dunia pertanian, saya milih bisnis jualan bibit buah di Klaten sekaligus pulang ke kampung halaman” pungkasnya.

    Bisnis bibit buah Muhsalim sangat mudah dijangkau.  Andai masyarakat ingin beli bibit buah, cukup datang ke kebun bibit Muhsalim tepatnya di Dukuh Kemit, Kwaren, Ngawen, Klaten tepatnya Selatan balai desa Kwaren arah selatan kurang lebih 300 m atau menghubungi nomor 0858-78888-3783.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini