• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Profesi Ini Paling Banyak Tertular HIV/AIDS, Ini Penjelasan Sekretaris KPA Klaten

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Senin, 28 Agustus 2023, Agustus 28, 2023 WIB Last Updated 2023-08-28T07:25:48Z

     



    MMC – Pekerjaan sebagai buruh  ternyata menjadi profesi dengan persentase tertinggi tertular HIV/Aids di Kabupaten Klaten.

    Menurut data yang dirilis Komisi Penanggulangan Aids (KPA) per 30 Mei 2023 menunjukan total penderita  HIV/Aids di Klaten mencapai 1.371 kasus. Dari jumlah tersebut profesi buruh menjadi angka tertinggi yakni 293 kasus dan disusul karyawan ditemukan 225 kasus.

    Sekretaris KPA Klaten dr Ronny Roekmito dalam keterangan yang dikonfirmasi  MMC Media (Senin, 28/8/23) membenarkan kalau profesi buruh dan karyawan menjadi pekerjaan dengan persentase tertinggi tertular. Dia mengatakan lingkungan kerja ditengarai menjadi factor penunjang terjadi perilaku seksual yang beresiko.

    “Jadi beberapa waktu terakhir ini tes HIV banyak dilakukan pemerintah melalui Dinas Kesehatan didampingi KPA Klaten ke sejumlah perusahaan.  Dan pihak menejemen perusahaan memerintahkan semua karyawannya untuk tes HIV. Ini yang menyebabkan temuan kasus HIV dari kalangan buruh dan karyawan dominan” terang Ronny.

    Mantan Asisten Tata Pemerintahan Setda Klaten itu menambahkan kalau lingkungan kerja juga berpengaruh bagi perilaku sosial masyarakat.

    “Ada peribahasa Jawa witing tresno jalaran saka kulino. Jadi karena lingkungan kerja dimana para pekerja itu sering ketemu.  Karena sering ketemu lalu dari sana kemudian perselingkuhan itu terjadi. Perilaku ini menjadi salah satu sebab tingginya resiko penularan” tambahnya.

    Terkait prioritas program penanganan HIV/Aids di Klaten dr Ronny menjelaskan akan focus menyasar kalangan pelajar dan pemuda. Maka tak heran KPA Klaten akan banyak menggandeng pelaku Pendidikan dan guru.

    “Pertengahan Agustus 2023 lalu kami sosialisasi bahaya HIV/Aids dan LGBT dengan peserta guru binbingan dan konseling (BK) dari SMP dan MTS di Klaten bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. Program terdekat kami juga akan silaturakhim dengan guru BK SMA dan SMK se – Kabupaten Klaten. Bahayanya, kasus LGBT di Klaten banyak menyasar kalangan pelajar dan mahasiswa.  Semua harus waspada terhadap HIV/Aids seperti waspadanya kita saat menghadapi pandemi covid 19” pesannya.

    Menurut data yang dirilis KPA Klaten sampai Mei 2023 menunjukan ada 1.371  kasus HIV yang ditemukan sejak tahun 2007.  Kelompok usia 25 – 49 menjadi kategori umur yang paling banyak  ditemukan yakni ada  930 kasus dan profesi buruh menjadi kelompok paling dominan dengan penemuan 293 kasus.

    Sedangan dari kalangan PNS  ada 26 kasus.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini