• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Seberapa Berkualitas Sholat Kita, Ini Parameternya

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Selasa, 12 September 2023, September 12, 2023 WIB Last Updated 2023-09-13T03:54:48Z

     

    Sholat adalah ibadah paling istimewa bagi Allah SWT. Sehari dalam 24 jam seorang muslim diuji ketaatan dan kepatuhannya untuk mengingat dan sujud kepada-Nya di antara kesibukan dunia.

    Maka tak heran Allah SWT  menghargai tinggi sholat seorang hamba.  Sholat jadi amal pertama yang dihisab di hari kiamat. Sholat menjadi pintu surga, siapa pun yang merindukannya. Sholat pun sekaligus menjadi pembeda seorang mukmin dan kafir.

    Orang terjaga dalam sholatnya maka wajah itu akan bercahaya kala di padang mahsyar kelak. Ia pun akan mendapatkan peneduh, tatkala di hari itu tidak ada peneduh.  Itu didapat karena kesungguhannya menjaga wudlu dan sholatnya berjamaah di masjid.

    Muslim yang kuat menjaga sholatnya di masjid lima kali berjamaah dan tepat waktu. maka kakinya akan kuat melewati syirothol mustaqin. Jembatan menuju surga yang membentang di bawahnya neraka jahanam.

    Allah SWT membalas kebaikan seorang muslim yang sabar dan berhasil memaksa kakinya ke masjid, maka baginya dimudahkan menuju surga impian.

    Lalu apakah sholat lima waktu itu cukup dikerjakan saja?

    Tentu tidak.  Sholat itu harus didasarkan di atas niat keikhlasan, bukan karena paksaan apalagi niat keduniawian. Sholat yang sempurna itu dilakukan khusyuk, istiqomah dan tuma’ninah.

    Ketika sholat itu dilakukan dengan ikhlas, khusyuk, sabar, istiqomah dan tuma’ninah maka akan mengantarkan seorang hamba dalam sholat yang terbaik dengan derajat tertinggi.

    Ada lima derajat sholat seorang muslim yang untuk diketahui untuk mengukur kualitas ibadahnya itu.

    1.   Muaqob

    Yakni tingkatan sholat orang awam.  Dikatakan para ulama, derajat sholat ini dikatakan mendlolimi diri sendiri atau dlolimun linafsih.

    Ia mengerjakan sholat sekedar gugur kewajiban. Sholatnya dikerjakan tanpa dibarengi wudlu yang sempurna. Ia belum bisa menjaga waktu-waktu sholat secara tertib termasuk belum bisa memenuhi rukun dan syarat-syarat sholatnya.

    2.    Muhasab

    Yakni sholat seorang muslim yang masih dirusak oleh bisikan-bisikan setan. Raganya sholat tapi hati dan pikiranya gentayangan ke mana-mana, biar pun sudah menjaga waktu, wudlu, rukun dan syaratnya.

    Pikirannya belum bisa terputus dengan dunia. Ibaratnya sibuk mencari – cari hape kesayangan yang lupa menaruh, lalu menemukannya di kala sholat.

    3.    Mukafar anhu

    Yakni sholat seorang muslim yang disibukan melawan bisikan-bisikan setan dan pikiran dunia. Namun wudlu, waktu, syarat dan rukunnya sudah terjaga.  Ketika ia menjalankan sholat, di saat yang bersamaan pula disibukan untuk melawan bisikan setan dan dunia

    4.    Mutsab

    Yakni sholat seorang muslim yang sempurna. Wudlu, waktu, syarat dan rukunnya mampu ia jaga dengan baik sehingga hatinya mampu menghadirkan Allaj SWT dalam sholatnya.

    Ia sungguh-sungguh merasa diawasi oleh Tuhan-nya.

    5.   Muqorob min robbih

    Inilah derajat sholat seorang muslim yang tertinggi. Ia menegakan sholat setegak-tegaknya.  Allah SWT mampu dihadirkan dalam sholat seakan-akan ia sedang berbincang-bincang sahdu dengan Tuhan-nya.

    Ia merasakan sholat bukan lagi beban, tapi mengerjakannya mampu menjadi penghibur untuk menghilangkan duka.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini