• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Hati-Hati Berita Hoak Politik Jelang Pemilu

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Rabu, 29 November 2023, November 29, 2023 WIB Last Updated 2023-11-30T07:47:05Z

     


    MMC KLATEN – Niken Satyawati dari lembaga Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengingatkan akan banyaknya hoak (berita bohong) politik jelang perhelatan pemilihan umum 2024.  Di acara Rapat Kordinasi Gugus Tugas Pengawasan diadakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Klaten di Merapi Resto Klaten (Kamis,29/11), ia mengajak masyarakat antisipasi berita hoak.

    “Pada pemilu 2019 lalu ada 1.751 berita hoak. Sebanyak 54% adalah berita hoak terkait politik.   Datangnya informasi itu sangat cepat, tetapi belum tentu akurat.  Maka masyarakat harus waspada” jelasnya.

    Mantan wartawan terkenal di Solo menjelaskan tentang teknik yang lazim dipakai penyebar berita hoak. Dia katakana modus hoak politik itu biasanya berulang.

    “Ada tiga teknik yang lazim dipakai para penyebar hoak.  Misalnya mengacaukan isi, narasi atau diri seseorang. Maka untuk mengantisipasinya adalah  dengan sikap waspada masyarakat misal dengan mempertanyakan kembali kebenaran berita lalu mengecek sumbernya.  Istilah melakukan pre-bunking dan de-bunking” tambahnya.

    Lulusan Pasca Sarjana Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu menginformasikan saluran untuk mengecek kebenaran berita jika ditengarai kabar itu hoak.


    “Masyarakat harus menggunakan hak politiknya untuk memilih pemimpin terbaik. Jika ada berita yang ditengarai hoak bisa buka laman website di TURBACKHOAX.ID atau hubungi nomor 085921600500” pungkasnya.

    Bawaslu Klaten mengundang 50 peserta dari unsur pengawas kecamatan, karang taruna, pelajar, tokoh masyarakat dan pers di acara   Rapat Kordinasi Gugus Tugas Pengawasan.  Selain Niken Satyawati dari Mafindo, Bawaslu juga mengundang pembicara Joko Priyono, Sub Kordinator Layanan Informasi dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Klaten.

    Acara yang berjalan menarik dan interaktif itu dipandu moderator Bambang TP pejabat Sekretaris Kecamatan Juwiring.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini