• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Internalisasi Diri Jadi Kunci Menghadapi Banjir Informasi

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Kamis, 30 November 2023, November 30, 2023 WIB Last Updated 2023-11-30T08:07:06Z

     


    MMC KLATEN – Joko Priyono, Sub Kordinator Layanan Informasi dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Klaten mengajak masyarakat, khususnya para pemuda dan mahasiswa untuk membangun konsep diri atau internalisasi yang kuat menghadapi godaan banjir informasi.

    Di acara Rapat Kordinasi Gugus Tugas Pengawasan diadakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Klaten di Merapi Resto Klaten (Kamis,29/11), ia mengingatkan untuk berhati-hati menggunakan jari jempol saat bermedia sosial.

    “Saat ini kondisinya banjir informasi alias post-truth.  Kadang informasi antara benar salah itu terlihat abu-abu. Setiap orang bisa menjadi sumber informasi. Maka menggunakan gadget itu harus hati-hati. Gunakan jari jempol ini untuk pintu kebaikan dan jangan dijadikan pintu dosa.  Maka jadikan jari jempol kita sebagai kanal penjernih informasi dengan menyebarkan informasi yang bernilai manfaat dan benar karena bisa dipertanggung-jawabkan” jelasnya.

    Terkait peran media sosial dalam fungsi pengawasan, lulusan Pasca Sarjana Magister Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengatakan pentingnya membuka saluran masyarakat untuk berpartisipasi salah satu mengadukan penyelewengan pemilu.


    “Mutu kebijakan public termasuk proses demokrasi jika penyelenggara pemilu bisa membuka kanal-kanal yang efektif agar masyarakat terlibat dalam tahapan pemilu,  Aspek akses, control, manfaat dan partisipasi itu harus dibuka seluas-luasnya.  Misalnya petugas pengawas pemilu itu itu punya saluran aduan yang dibranding sehingga diketahui semua masyarakat.  Kalau perlu diberikan stimulus bagi pengadu terbaik. Itu pasti menarik” pungkasnya.

    Bawaslu Klaten mengundang 50 peserta dari unsur pengawas kecamatan, karang taruna, pelajar, tokoh masyarakat dan pers di acara   Rapat Kordinasi Gugus Tugas Pengawasan.  Selain Joko Priyono, Sub Kordinator Layanan Informasi dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Klaten, Bawaslu Klaten juga mengundang pembicara Niken Satyawati dari Mafindo.

    Acara yang berjalan menarik dan interaktif itu dipandu moderator Bambang TP pejabat Sekretaris Kecamatan Juwiring.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini