• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Air Umbul Brintik Malang Jiwan Berhasil Sumbang 1,8 Milyar PAD Desa

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Rabu, 20 Desember 2023, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T01:21:56Z

     


    MMC MEDIA – Pengelolaan obyek wisata Umbul Brintik melalui Badan Usaha Milik Desa (Bundes) Sumber Makmur Desa Malang Jiwan, Kebonarum, Klaten mampu menyumbang 1,8 milyar bagi pendapatan asli (PAD) desa.

    Tidak hanya sumbangan PAD desa, obyek wisata Umbul Brintik juga mampu mengangkat usaha UMKM desa setempat seperti kuliner, kerajinan dan usaha jasa lainnya.

    Kepala Desa Malang Jiwan, Kebonarum Supriyanto saat ditemui (Rabu, 20/12/23) di acara Peresmian Teaching Factory SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten di obyek wisata Umbul Brintik  mengatakan pendapatan itu disokong dari tingkat  kunjungan warga yang terus meningkat.

    “Kunjungan masyarakat ke Umbul Brintik rata-rata sehari ada seribu pengunjung. Kalau hari sabtu, minggu atau hari libur bisa mencapai dua ribu pengunjung atau wisatawan. Tiket 10 ribu tiap pengunjung dan free parkir. Pendapatan wisata sekitar 1,8 milyar setahun. Unit usaha UMKM, kuliner dan kualitas air yang baik yang terus dikembangkan dengan konsep kemitraan, termasuk dengan SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten” jelasnya.

    Untuk pengembangan wisata Kades Supriyanto sudah menyiapkan obyek wisata lain di desa Malang Jiwan. Dia merencanakan pembangunan  pemandian syariah bagi pengunjung wanita yang akan dibuat tertutup dan nyaman.

    “Kami menyiapkan Umbul Mbethek yang kami rancang awalnya dengan investasi anggaran desa 800 juta.  Nanti di sana akan dikhususkan untuk pemandian dan kuliner desa. Termasuk untuk pemandian syariah yang dirancang untuk pengunjung wanita sehingga lebih tertutup” pungkasnya.

    Obyek wisata Umbul Brintik menjadi destinasi wisata air yang kian favorit bagi masyarakat. Terletak di Kecamatan Kebonarum dan tidak jauh dari balai desa Malang Jiwan, obyek wisata ini dikenal sangat baik untuk terapi kesehatan.

    Dengan harga tiket 10 ribu tiap pengunjung plus parkir gratis, wisatawan dapat menikmati beningnya sumber air yang menyehatkan dan tentunya layanan terapi gratis yang disiapkan pengelola wisata bekerja sama dengan siswa-siswi SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten.

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini