• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Penasaran Merasakan Sahdunya Bersujud, Datang Saja ke Masjid Agung Jawa Tengah

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Rabu, 06 Desember 2023, Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-07T03:12:07Z

     


    MMC MEDIA - Seketika menjejakkan kaki di Masjid Agung Jawa Tengah, hati langsung terasa takjub. Tidak saja tata menara yang indah, pilar – pilar terasnya yang  bak masjid Nabawi di tanah suci Mekah, menambah suasana kagum sesaat tiba di area masjid.

    Ketika masuk di ruaang induk masjid, karpet hijau bersih dan harum menghampar luas seperti permadani menyapa jamaah yang datang. Ornamen atap yang tertutup kayu jati ditopang pilar - pilar yang kokoh, membuat kaki tak mau beranjak pergi untuk lanjut bermunajad.

    Tak kalah keren adalah teras masjid.  Bangunan yang dirancang arsitek H.Ir. Ahmad Fanani ini dilengkapi enam tiang pancang sebagai menara  yang bisa dikembangkan laksana payung raksasa.

    Menara paying ini setiap saat bisa dibuka dan mengembang yang meneduhi seluruh luasan teras yang hampir mencapai 3.000 m2.

    Masjid yang masuk predikat 100 masjid terindah di Indonesia ini mampu menampung 6.000 jamaah di dalam bangunan induk. Kalau sampai membeludak, jamaah bisa menempati teras depan  dan pelataran masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah.


    Yang mencuri perhatian adalah menara adzan.  Bangunan setinggi 99 meter yang menjulang ke langit menjadi penanda letak Masjid Agung Jawa Tengah sehingga terlihat dari jauh.

    Masjid yang peletakan batu pertama dilakukan 6 September 2002 dan rampung 14 November 2006 ini diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudayana kala itu.

    Menempati luas lahan 10.000m2 Masjid Agung Jawa Tengah yang beralamat di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kota Semarang ini memadukan arsitektur Arab dan Jawa.

    Akses terdekat bagi pengunjung adalah memilih exit tol di gerbang Gayamsari atau Monumen Tugu Muda Semarang arah ke timur.

    Bagi pengunjung tak perlu kuatir dengan area parkir. Kendaraan jamaah dijamin aman dan terlindung berada di base-line teras masjid. Karena posisinya dibawah lantai, kendaraan dipastikan aman dari hujan dan panas.

    Penasaran menikmati kekhusyukan ibadah, silahkan berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah yang beralamat di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kota Semarang

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini