• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Dwi Harjoko Klaten, Sukses Merintis Budidaya Madu Klanceng Petik Langsung dari Pekarangan Sendiri

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Kamis, 11 Januari 2024, Januari 11, 2024 WIB Last Updated 2024-01-12T01:03:16Z


    MMC Media – Membangun wirausaha tidak harus mempunyai pabrik atau Perusahaan besar.  Kesungguhan dan tekad kuat menjadi kekuatan utama membangun bisnis , termasuk dari lingkungan rumah sendiri.

    Itulah yang di lakukan Dwi Harjoko. Pria dua anak perempuan yang tinggal di Dukuh Bogo, Tibayan, Jatinom, Klaten itu sukses mengembangkan budidaya madu klanceng persis di pekarangan rumah sendiri.

    Madu klanceng punya karakter berbeda dengan madu biasa. Minuman sehat ala rosulullah ini punya ciri khas yakni rasanya yang asam manis.

    Beda dengan madu umumnya yang biasanya agak terasa nek bagi yang tidak biasa minum madu.  Tapi madu lanceng tidak.  Anak-anak pun dijamin suka karena rasanya yang mudah diterima dan dicerna perut.

    “Lebah klanceng itu lebahnya ukurannya lebih kecil.  Terbangnya juga tetap. Tidak seperti lebah atau tawon yang biasa terbang cepat dan berbisa jika menyengat” terang Mas Dwi, demikian pria ini akrab disapa saat diwawancara (Kamis, 11/01) dari tempat tinggalnya.

    Ia mengaku sudah lima tahun budidaya madu klanceng.  Tidak hanya itu, bagi warga yang ingin budidaya madu klanceng, Dwi Harjoko mengaku siap mendampingi.

    “Saya pernah mendampingi teman-teman disabilitas budidaya madu klanceng di Mayungan.  Termasuk beberapa karang taruna di Kecamatan Gantiwarno dan sejumlah tempat. Saya bisa menyiapkan kotak plus koloni lebahnya.  Jadi nanti warga tinggal menempatkan di lingkungan yang sesuai.  Misalnya banyak tanaman bunga atau pohon yang mudah berbunga” terangnya.

    Terkait prospek budidaya madu klanceng Dwi Harjoko mengatakan masih sangat terbuka. Baginya bagi siapa saja yang menginginkan sehat, minum madu menjadi kebiasaan sehat yang harus dijaga.

    “Kalau ingin sehat baiknya kita membiasakan minum madu. Madu klanceng budidaya saya masih dilakukan dengan tradisional. Sebulan di pekarangan ini, saya bisa panen tiga sampai 4 botol besar.  Prospek budidaya madu klanceng sangat bagus.  Banyak pelanggan saya mengaku beralih minum madu klanceng dari madu tawon” pungkasnya.

    Dwi Harjoko siap melayani warga yang membutuhkan madu klanceng untuk menjaga kesehatan atau meningkatkan vitalitas. 

    Untuk botol ukuran 250 ml madu lanceng dibandrol 120 ribu dan botol besar isi 600 ml dijual 220 ribu.

    Bagi masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi 081-568-451-602. 


    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini