• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    11 Tips Jitu Sukses Jalani Puasa Ramadhan

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Senin, 19 Februari 2024, Februari 19, 2024 WIB Last Updated 2024-02-20T02:24:11Z

     


    MMC Media – Tak terasa bulan Ramadhan 1445 Hijriyah tinggal menghitung hari. Tentunya segala ikhtiar  harus dipersiapkan matang – matang baik fisik dan mental untuk menyambut bulan suci dengan spirit tinggi.

    Jangan pernah bulan Ramadhan berlalu tanpa kesan. Jangan biarkan bulan suci ini melenggang sia – sia, tanpa meninggalkan makna. Harapannya derajat takwa itu bisa diraih dan perbaikan kualitas sebagai pribadi muslim menjadi lebih baik seperti yang Allah SWT harapkan dengan turunnya perintah puasa.

    Nah berikut ada 11 tips yang bisa dilakukan setiap diri muslim sebagai persiapan menjelang Ramadhan tiba.

    1.            Menyambut dengan doa

    Ruhiyah Ramadhan itu masuk ke relung hati ketika seorang hamba berharap sungguh untuk berjumpa dengan bulan puasa. Tak ubahnya seorang jejaka yang menunggu perjumpaan dengan kekasih hati.  Maka suasana menanti perjumpaan itu akan dinanti dengan lantunan doa untuk bisa bertemu dengan Ramadhan.

    Doa itu adalah Allahumma bari’lana fi rojab wa syaban, wa balighna Ramadhan.

    Artinya Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rojab dan syaban, dan pertemukan dengan bulan Ramadhan.

    2.            Penuhi hutang puasa

    Jangan sampai masuk bulan Ramadhan, kita masih berhutang puasa atas kewajiban puasa tahun lalu.  Terutama kaum wanita, hutang puasa itu harus diselesaikan ketika waktunya masih ada.

    3.            Susun rencana ibadah.

    Allah SWT akan memudahkan setiap hamba-Nya menjalani ibadah selama Ramadhan. Maka tak kalah penting adalah menyusun agenda ibadah dari bangun tidur sampai menjelang tidur. 

    Hati – hati dengan urusan yang mubah.  Jangan sampai waktu – waktu terbaik kita dicuri oleh urusan yang mubah.  Seorang muslim akan meninggalkan urusan yang tiada berguna (QS Al Mukmin : 3)

    4.            Siapkan dana infak

    Rahasia infak tidak saja sebagai tolak balak dan penglaris rezeki, tapi juga syariat jitu pengikis sifat wahn atau cinta dunia.  Siapkan dana terbaik untuk bersedekah, khususnya setelah sholat subuh termasuk memberi makan orang – orang yang berpuasa tatkala waktu berbuka tiba.

    5.            Pasang target tilawah

    Tilawah al quran menjadi kekuatan untuk mengasah iman.  Suara lirih al quran itu suara langit.  Arti dan kandungan makna dibalik bacaan itu adalah mukjizat yang tak ternilai.

    Maka ketika ada waktu jeda disela – sela ibadah dan bekerja, ibadah membaca al quran menjadi pilihan terbaik.  Bawa mushaf al quran di saku tas kita.  Pastikan target tilawah al quran bisa terpenuhi sesuai dengan kemampuan yang ada.

    Sehari 1 juz itu target minimal.

    6.            Batasi interaksi dengan hape

    Hape itu pencuri ampuh yang akan mengambil waktu - waktu terbaik di bulan Ramadhan, termasuk media televisi.  Selama bulan Ramadhan seorang muslim harus ekstra hati – hati memegang hape.

    Melihat tik tok, twitter, instagram dan update status kawan maka orang akan bisa bertahan berjam – jam.  Tapi ia akan cepat mengantuk di depan lembar – lembar al quran.

    Maka Batasi berinteraksi dengan hape dan televisi sebagai bagian kehati-hatian kita menjaga Ramadhan.

    7.            Miliki jadual imsyakiah

    Biar terkesan sepele, tapi memedomani jadual imsyakiyah menjadi panduan bagi kita untuk mengantur agenda dan kegiatan.

    8.            Siapkan beras zakat

    Zakat fitrah berupa bahan makanan pokok menjadi perintah Allah SWT di bulan Ramadhan selain puasa itu sendiri. Sebagai bentuk kesiapan diri menyambut Ramadhan pastikan, sarat untuk menunaikan ibadah zakat fitrah itu sudah ada sesuai kualitas beras yang kita makan setiap hari.

    9.            Berazam untuk I’tikaf

    I’tikaf menjadi waktu – waktu terbaik di penghujung Ramadhan. Ketika banyak orang mulai lelah, godaan perayaan lebaran di depan mata, keluarga merengek-rengek minta uang ampau dan baju lebaran, maka pastikan semua itu tak mengganggu keinginan seorang muslim bertemu dengan Allah SWT di malam – malam terakhir Ramadhan.

    Minimal niat itu sudah kita simpan sedari awal.

    10.         Siapkan materi kajian

    Masuk bulan Ramadhan maka tugas dakwah akan datang sebagai amanah dan panggilan.  Tidak ada seruan terbaik selain seruan mengingat Allah SWT.  Memilih dan menyiapkan materi popular terbaik menjadi bagian penting untuk menguatkan ibadah Ramadhan yang sedang dijalankan seorang penyeru dakwah.

    11.         Menjaga niat

    Niat yang benar adalah separuh urusan agama. Niat itu punya kekuatan. Ia akan memudahkan ketika menemui sulit dan meringankan ketika dihadapkan urusan yang berat.

    Niat yang bersih selain menjadi kunci diterimanya amal, juga syarat mutlak terwujudnya istiqomah.

    Marhaban yaa Ramadhan.

    Penulis Joko Priyono Klaten.

    Editor Joko Priyono Klaten.

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini