• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Alhamdulillah, Kini Umat Islam Klaten Sudah Punya Fasilitas Makam Muslim, Dimana Letaknya?

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Kamis, 29 Februari 2024, Februari 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-01T02:14:00Z

     


    MMC Media – Umat islam Klaten kini bisa sedikit lega karena fasilitas umum makam muslim sudah ada di wilayah Klaten. Makam muslim itu digagas Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah melalui Pengurus Daerah (PD) Aisyiah Klaten.

    Cakupan makam cukup luas.  Ada kawasan seluas 3.600 m2 dan mampu menampung 350 titik pemakaman jenazah. 

    Letaknya pun strategis, tidak jauh dari pusat kota.  Makam muslim itu diberi nama Makam Muslim Husnul Khotimah dan terletak di Dukuh Sabrangan, Kelurahan Buntalan, kecamatan Klaten Tengah.

    Aksesnya pun sangat mudah.  Dari Terminal Ir Sukarno ke arah selatan sekitar 800 belok ke barat Dukuh Sabrangan, maka akan sampai ke Makam Muslim Husnul Khotimah.

    Pagar tembok warna hijau menjadi penanda.  Gapura megah dan kokoh tertulis dengan jelas di Makam Muslim Husnul Khotimah. Biar pun ada di tengah sawah, fasilitas jalan menuju makam juga sangat bagus.  Bahkan sudah ada kuliner Soto Piring yang lezat di pojok makam menyebabkan fasilitas umum itu jauh dari kesan angker dan selalu ramai.

    Menurut salah satu pengurus Makam Muslim Husnul Khotimah, Edi Kaswanto kepada MMC Media (Kamis, 29/2) menjelaskan awal pendirian makam muslim itu berawal dari wakaf dari warga Klaten.

    “Saya lupa waktu saat itu ada seorang pengusaha bahan bangunan yang mewakafkan tanah kepada pengurus Muhammadiyah yang lalu dikembangkan PD Aisyiah. Saat ini pengelolaan makam muslim sudah ada pengurusnya.  Bahkan sawah sebelah sudah bisa dibeli untuk pengembangan ke depan” ungkap Edi.

    Pensiunan ASN Klaten itu menambahkan kalau di Makam Muslim Husnul Khotimah Buntalan sudah terus dilengkapi fasilitasnya.  Hal itu untuk menunjang layanan bagi masyarakat.

    “Kami sudah melengkapi dengan fasilitas mobil jemputan jenazah maupun keranda. Untuk petugas penggali makam ada 4 orang. Jadi luasan makam sudah kami petak dengan penanda.  Misalnya tiap petak ada lima titik untuk kuburan ukuran 1 x 2 meter. Konsepnya ke depan tiap makam kami tanami rumput hijau.  Saat untuk Makam Muslim Husnul Khotimah sudah isi sebanyak enam makam” pungkasnya.

    Makam Muslim Husnul Khotimah sendiri diresmikan 17 Februari 2023 oleh PD Aisyiah Jawa Tengah Dr Umul Baroroh M.Ag dan PD Aisyiah Klaten Siti Aisyiah. Makam Muslim Husnul Khotimah bisa dimanfaat masyarakat melalui wakaf, infak atau bagi dhuafa.

    Penulis Joko Priyono Klaten.

    Editor Joko Priyono Klaten.

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini