• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Tehnik Paling Jitu Menjebak Tikus, Berikut Caranya

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Selasa, 28 Mei 2024, Mei 28, 2024 WIB Last Updated 2024-05-29T00:39:57Z

     




    MMC MEDIA – Tikus menjadi hama binatang yang menyebalkan, apalagi jika sudah masuk ke dalam rumah. Bagi petani, tikus adalah perusak tanaman padi.  Berapa banyak kerugian yang harus ditanggung petani dari hewan pengerat ini.  Tak sedikit petani bernasib apes alias gagal panen akibat tikus.

     

    Yang lebih menyebalkan adalah jika tikus sudah masuk rumah. Selain bikin kotor, mengacak-acak makanan, bau tikus sendiri sangat menyengat dan tidak sedap.  Tak jarang seisi rumah dibikin bete akibat ulah tikus.

     

    Lalu solusi atau cara paling jitu apa untuk menjinakan tikus?

     

    Dari berbagai pengalaman ada banyak cara orang untuk menundukan tikus.  Ada lem, racun, sampai jebakan tikus (kolo jeklek) bisa dilakukan untuk membunuh atau menangkap tikus.

     

    Lem tikus itu kurang efektif, kadangkala perekat kurang kuat maka buruan tetap saja bisa lepas.  Racun tikus ada kemungkinan berhasil,  jika umpan itu dimakan.  Belum lagi bau bangkai tikus yang kadang menjadi masalah baru. Kalau jebakan tikus itu juga untung-untungan saja, tergantung tikus itu mau makan umpannya atau tidak.

     

    Tapi dari berbagai teknik atau cara menangkap tikus bisa jadi cara ini bisa menjadi strategi paling jitu untuk menjebak tikus.  Tepatnya namanya perangkap tikus dengan kawat dan bandul pengait.

     

    Perangkap itu dibuat dari jarring kawat yang dibentuk kotak persegi. Kunci pada bandul penguta yang terbuat dari baut sebagai pengunci pintu perangkapnya.

     

    Jadi tikus dipancing untuk masuk perangkap yang sudah disiapkan dengan umpan yang paling disukai.  Misalnya makanan amis yang berbau menyengat yang disukai tikus misal sisa ikan atau tulang daging ayam yang digoreng.



    Biarkan tikus itu masuk dalam perangkap. Sekali masuk tikus tidak akan bisa keluar termasuk rombongannya. Bandul pengait dari baut itu akan mengunci tikus sehingga tidak bisa keluar.

     

    Bahkan tikus bisa saja bertambah masuk dan terjebak dalam perangkap sepanjang bandul pengaitnya tidak dibuka.

     

    Perangkap tikus dengan bandul pengait ini sangat efektif.  Kalau beruntung, sekali pasang bisa tiga sampai lima ekor tikus terjebak masuk perangkap.  Cara buatnya juga sangat mudah. Tapi kalau tidak mau repot, toko bangunan juga banya menjual.

     

    Jadi Teknik ini jadi cara paling efektif menangkap tikus rumah mau pun sawah.

    Penasaran, silahkan mencoba.

     

    Penulis Joko Priyono Klaten

    Editor Joko Priyono Klaten.

     



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini