• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Juliha Klaten Ajak Para Lelaki Bernyali Jadi Jagal Hewan Syar’i

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Senin, 03 Juni 2024, Juni 03, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T23:01:57Z

     


    MMC MEDIA – Juliha di sini bukan judul lagu atau nama seorang gadis.  Juliha itu sebutan untuk lelaki muslim yang memilih berdakwah lewat menjadi juru sembelih halal.

     

    Di Klaten sudah 200-an orang menjadi anggota Juliha.

     

    Ada kabar gembira bagi para  warga Klaten yang ingin belajar menyembelih hewan secara syari (sesuai hukum islam).  Apalagi bulan korban tinggal menghitung hari.  Tentunya kebutuhan tenaga sembelih hewan kurban sangat dibutuhkan.

     

    Aan Nur Alam Andirta Hidayat penggiat Juliha Klaten saat dikonfirmasi  MMC Media (Senin, 3/6) mengatakan lembaganya akan mengadakan pelatihan jagal syari. Kegiatan itu dimaksudkan agar makin banyak juru sembelih hewan sesuai syariat islam.

     

    “Insya Allah nanti tanggal 9 Juni 2024 bertempat di Masjid Nur Azizah komplek Setda Klaten akan diadakan kegiatan Apel Siaga Qurban.  Inti acaranya adalah pelatihan penyembelihan hewan qurban sesuai syariat.  Acara ini juga didukung Ikatan Dai Indonesia (IKadi) Klaten, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Klaten, MUI dan penyuluh agama islam di Klaten” ujarnya.

     

    Pria asal Mlaran, Nglinggi, Klaten Selatan sekaligus tenaga penyuluh agama islam Kementerian Agama Klaten itu menambahkan kalau Apel Siaga Qurban juga akan diikuti kegiatan bazar qurban.

     

    “Peserta yang mendaftar sudah ada 70 orang.  Nanti kami akan mendatangkan pembicara Kang Ergun dari pengurus DPD Juliha Surakarta.  Tidak hanya teori peserta nanti juga akan praktek menyembelih hewan secara syari.  Tehnik perebahan hewan, tali temali, penyembelihan, pengulitan dan lain-lain. Harapan ahlul qurban atau yang menjalankan ibadah qurban itu bisa menyembelih sendiri hewan qurbannya.  Ada bazar pisau jagal bagi yang membutuhkan” terang Aan.

     

    Ditanya terkait kemampuan Juliha Klaten, Aan menjelaskan banyak anggotanya yang sudah ahli. Dia mengaku anggota Juliha juga dituntut bekerja menyembelih hewan qurban itu secara cepat dan rapi.

     

    “Ada anggota kami itu mengerjakan proses penyembelihan itu hanya 15 menit lengkap. Mulai dari perobohan hewan, penyembelihan, pengulihan, pemisahan daging, sampai pengeluaran kotoran atau brodhot itu hanya 15 menit.  Menurut saya itu sudah expert atau ahli. Mungkin suatu saat perlu dilombakan kecepatan dalam penyembelihan hewan qurban” pungkasnya.

     

    Penulis Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini