• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Kades Nglinggi Klaten, Membangun Karakter Warga Lewat Sentuhan Budaya dan Olahraga

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Minggu, 02 Juni 2024, Juni 02, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T23:02:10Z

     



    MMC MEDIA – Kalau ada desa berlomba membangun gedung megah atau menyulap taman - taman indah dengan bermilyar – milyar anggaran desa itu sudah biasa. Sebab gedung dan taman indah itu dipercaya sebagai ukuran keberhasilan kemajuan desa.

     

    Tapi kalau ada sosok kades memilih membangun karakter warga sebagai program memajukan desa, itu baru aneh sekaligus unik. 

     

    Tapi itulah yang dilakukan Kades Nglinggi, Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah  seorang Sugeng Mulyadi.   Ia memilih membangun karakter warganya agar menjadi manusia yang sehat, humanis dan sportif lewat sektor olahraga dan seni.

     

    Maka pria lulusan STM ini memilih mendorong warganya untuk aktif berseni dan berolahraga. Tak heran sport center atau pusat olahraga dibangun tidak jauh dari balai desa.

     

    Ada lapangan bulutangkis, tenis lapangan dengan dua band dan lapangan basket yang sedang berproses.  Alat kesenian pun tak kalah.  Ada gamelan yang ditempatkan di SD setempat, alat music kulintang sampai alat music ada muda kekinian.

     

    “Kami memilih membangun desa dengan membangun karakter warga.  Saya berharap warga Nglinggi yang saya pimpin ini menjadi sosok manusia yang sehat dan sportif.  Maka saya memilih menganggarkan fasilitas olahraga dan kesenian untuk warga kami. Penggunanya ada PKK, karang taruna sampai anak-anak” jelas Sugeng Mulyadi saat ditemui MMC Media di balai desa Nglinggi.

     

    Kepada MMC Media Sugeng Mulyadi mengaku desanya banyak menjadi percontohan terkait menjaga kerukunan warga.

     

    “Oleh Yayasan Yenny Wahid, Desa Nglinggi dipilih sebagai prototipe Desa Perdamaian. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kala itu memilih Desa Nglinggi sebagai Desa Pancasila.  Pada tahun 2019 dari Kementerian Desa RI juga tertarik dan menetapkan Desa Nglinggi sebagai Desa Damai Berbudaya” tambahnya.

     

    Tak hanya itu kini Sugeng Mulyadi juga mengembangkan kuliner desa.  Di salah satu halaman balai desa Nglinggi dibuatnya fasilitas kuliner.

     

    “Kami juga punya warung pujasera untuk kuliner warga.  Saat ini warga bisa mengembangkan usaha kuliner di fasilitas yang desa siapkan.  Harapannya pendapatan warga juga meningkat dan lebih sejahtera” pungkasnya.

     

    Penulis Joko Priyono Klaten

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini