• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Lelah Gowes, Jangan Lupa Melepas Capek Sambil Selfi di Candi Merak, Di Sini Lokasinya

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Kamis, 15 Agustus 2024, Agustus 15, 2024 WIB Last Updated 2024-08-16T04:21:51Z

     




    MMC MEDIA – Klaten banyak dikenal dengan obyek wisata candi.  Kalau Candi Plaosan, Candi Kembar dan Candi Bugisan ada di Kecamatan Prambanan, ternyata ada sebuah candi yang tak kalah indah yang sering luput dari perhatian.

     

    Namanya Candi Merak.  Lokasinya ada di Desa Karangnongko, Kecamatan Karngnongko atau arah barat daya kantor kecamatan dan hanya  berjarak  300 m saja.

     

    Bagi yang suka gowes dan sampai ke Kecamatan Karangnongko rasanya tak sempurna kalau tidak mampir.  Selain tempatnya indah dengan tata rumputnya yang rapi, berselfi atau berswafoto dengan lantar candi Merak akan jadi kenangan monumental dan susah dilupakan. Apalagi dilakukan secara ramai – ramai, mampir gowes ke candi Merak menjadi momen yang perlu dicoba.

     

    Candi Merak termasuk candi peninggalan dinasti Sanjaya.  Menurut sumber tertulis setemput, candi Merak dibangun abad 9 Masehi. Penemuannya sendiri terjadi pada tahun 1925.  Waktu itu candi Merak ditemukan secara tidak sengaja oleh warga.

     

    Dwi Kertarta juru pelihara  candi Merak saat ditemui marimenyeru.com mengatakan awal penemuan candi berawal dari pohon yang tumbang.  Dia menjelaskan dibalik pohon tumbang itu ternyata ditemukan bebatuan candi.

     

    “Kata sumber sejarah dulu ada pohon Joho yang tumbang.  Dibalik pohon yang tumbang itu kemudian ditemukan bebatuan. Tapi batu itu masih berserakan.  Anehnya kemudian di atas banyak bertengger burung merak.  Bebatuan yang berserak itu lalu dipugar. Maka kemudian candi yang ditemukan itu diberikan nama candi Merak” jelasnya.

     

    Pria asli Desa Karangnongko itu menambahkan tingkat kunjungan obyek wisata candi Merak masih terbatas.

     

    “Kunjungan wisata candi Merak masih terbatas. Tapi pekan ini ada turis asing yang datang.  Ada yang dari Hawai dan Belanda.  Kebanyakan yang datang adalah wisatawan domestik.  Obyek wisata candi Merak buka setiap hari termasuk hari libur mulai jam 08.00 sampai 16.00 WIB” tuturnya.

     

    Penulis Joko Priyono Klaten.

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini