• Jelajahi

    Copyright © MARI MENYERU
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    pasang

    Subscribe YouTube

    Kian Mendunia, 4 Turis Asing Uji Nyali dengan Olahraga Higline di Kalitalang Klaten

    JEPRI JOKO PRIYONO KLATEN
    Senin, 30 September 2024, September 30, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T06:32:41Z

     



    MMC MEDIA – Obyek wisata alam Kali Talang yang terletak di Desa Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah kian mendunia. Destinasi wisata yang mempertontonkan keindahan puncak Gunung Merapi itu kini makin dilirik wisatawan mancanegara.

     

    Wisatawan asing itu berasal dari Italia, Hunggaria, Jerman dan Perancis.  Mereka datang ke Kalitalang untuk mencoba olahraga higline.

     

    Higline adalah olahraga menantang dan beresiko tinggi.  Kegiatan inii hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berlatih dan berpengalaman.

     

    Jadi seutas tali direntang ujung tebing dengan tebing lain sepanjang 180 m di atas Lembah atau jurang.  Setelah tali itu berhasil dibentang, baru pemainnya berjalan meniti setapak demi setapak di atas tali yang dibentang itu dari ujung tebing ke ujung tebing yang lain. Pemandangan alam dan tepi jurang yang menganga menjadi tantangan yang harus ditaklukan saat melintas di atas tali.

     

    Itu sensasinya ngeri banget.

     

    Jainu Rekso Giri selaku Sekretaris Desa Balerante, Kemalang, Klaten saat dihubungi marimenyeru.com (Selasa, 1/10) membenarkan kunjungan 4 turis asing ke Kalitalang.

    Tidak hanya itu, para turis asing itu juga sempat menikmati keindahan alam Gunung Merapi dengan berkemah di sana.

     

    “Kira – kira mereka berkunjung ke Kalitalang selama tiga hari dan berkemah sampai Selasa (24/9).  Kegiatan mereka adalah olahraga higline.  Olahraga ini dilakukan dengan membentangkan tali dari ujung ke ujung tebing.  Lalu tali itu dilewati dengan menapaki pelan-pelan. Itu tantangannya” jelasnya.

     

    Ditanya terkait kesan para turis asing yang datang ke Kalitalang, Jainu sekaligus penggiat wisata desa itu mengatakan kalau mereka sangat terkesan dengan tantangan alam obyek wisata di dekat Gunung Merapi itu.

     

    “Maaf saya tidak ingat nama turis asing yang kemarin berkunjung ke Kalitalang.  Pengakuannya, mereka sangat mengagumi keindahan alam di sini.  Dengan kunjungan turis asing ini dengan olahraga higline itu menambah daya tarik pengunjung. Mereka tahu Kalitalang dari media sosial.  Bahkan pekan berikutnya rombongan dari India dan Jerman juga melakukan hal yang sama berolahraga higline” pungkasnya.

     

    Kini  Obyek wisata alam Kali Talang lebih ramah pengunjung.  Tiap lintasan  sudah disiapkan tali pancang pengaman pengunjung di tepi – tepi tebing.  Hati – hati ketika selfie di tepi tebing.  Atau jangan membawa pacar apalagi saat lagi berantem.  Sangat berbahaya.

     

    Tiket masuk obyek wisata Kali Talang sangat murah.  Pengunjung cukup merogoh kocek 5 ribu untuk bisa menikmati udara segar, pemandangan hamparan hijau, celoteh kicauan burung sambil menikmati puncak Gunung Merapi yang hanya kurang dari 5 km dari titik berdiri.

     

    Kalau ingin sambil menikmati sunrise atau matahari terbit, pengunjung bisa camping dengan peralatan yang sudah disiapkan pengelola dan tinggal sewa termasuk cemilan dan api unggunnnya.

     

    Jangan kuatir untuk oleh-oleh.  Habis berkunjung ke Kali Talang jangan lupa beli oleh-oleh jeruk Balerante petik sendiri di kebun buah Talesa.  Lengkap, komplit dan menantang.

    Jadi menunggu apa lagi.

     

    Penulis Joko Priyono Klaten.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini